- Selasa, 30 Juli 2013

Cara Meringankan Kerja Prosesor dan CPU

Pada pertemuan kali saya akan memberikan tips tentang komputer yaitu cara meringankan kerja prosesor dalam CPU pada komputer, laptop, netbook, notebook, atau apalah itu yang sejenisnya. :D Saat pertama kali membeli komputer, beban CPU sangatlah ringan. Itu karena komputer itu masih dalam keadaan baru wkwkwk :D Dan masih sedikit software yang diinstall, bahkan ada juga yang masih kosongan. :-t Tapi, kenapa lama kelamaan proses kinerja komputer semakin berkurang. Itu mungkin karena pada komputer itu sudah dipenuhi dengan software-software yang dapat memberatkan kerja prosesor. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips kepada temen-temen bagaimana cara meringankan kerja prosesor supaya ngga capek :-t

Mungkin setelah temen-temen mengikuti tips ini, kinerja komputer yang temen-temen miliki akan bertambah (lebih baik dari sebelumnya). :-bd

Berikut tips cara meringankan kerja CPU:
  1. Buang semua file Sampah. Untuk lebih mudahnya gunakan saja software CCleaner.
  2. Matikan fungsi dari System Restore.
  3. Jika komputer anda mendukung Hibernate, matikan segera. Buka Control Panel -> Power Options. Pada tab Hibernate, hilangkan ceklist pada Enable Hibernate.
  4. Defrag secara rutin Hardisk minimal sebulan sekali. Jika kawan-kawan selesai menginstall ulang windows dan software-software tambahan. Segeralah mendefrag hardisk untuk menunjang kinerja komputer. Star Menu -> All Programs -> Accesories -> System Tools -> Disk Defragmenter.
  5. Hilangkan semua program yang berjalan ketika Startup (yang tidak penting saja). Buka Run, lalu ketik msconfig. Pada menu Startup, hilangkan ceklist pada nama program yang tidak perlu.
  6. Untuk mempercepat proses Loading windows. Gunakan software tambahan yaitu Microsoft Bootvis. Kawan-kawan bisa mencarinya di Abah Google.
  7. Gunakan Themes yang sederhana saja (yang tidak memakan banyak memory).
  8. Matikan beberapa fungsi Service Windows. Buka Run, ketik services.msc
  9. Matikan service-service dibawah ini:
#=================#===================#=================#
  1. Alerter
  2. Application Layer Gateway
  3. Application Management
  4. Automatic Updates
  5. Background Intelligent Transfer Service
  6. Error reporting service
  7. Help and Support
  8. HTTP SSL
  9. Indexing Service
  10. IPSEC Service
  11. Messenger
  12. Netmeeting Remote Desktop Sharing
  13. Portable Media Serial Number Service
  14. Remote Desktop Help Session Manager
  15. Remote Registry
  16. Smart Card
  17. SSDP Discovery Service
  18. TCP/IP Netbios Helper
  19. Uninterruptible Power Supply
  20. Universal Plug and Play Device Host
Oke, temen-temen bisa coba cara di atas ;)
Tapi, jika masih ragu dan mau ditanyakan silahkan berkomentar ;)
Terima kasih, Wassalamualaikum warahmatullahiwabarakaatuh :)

3 komentar: